4 Aplikasi Bisnis Online Terbaik

Gatzet – Bagi anda pelaku usaha dalam bidang penjualan barang tentunya perlu mengeluarkan inovasi dari segi teknik penjualan. Mengingat saat ini pun banyak orang yang bisa berdagang dengan mudah, ditambah pembeli ingin sesuatu yang mudah serta praktis.

Oleh karna itu sebagai pelaku usaha bisnis atau calon pelaku bisnis perlu mengikuti perkembangan dalam berdagang. Salah satunya dengan memasarkan produk jualan melalui e-commerce.

Aplikasi Bisnis Online Terbaik

E-commerce adalah platform berbelanja online dimana kita bisa membeli berbagai barang yang kita butuhkan tanpa perlu keluar rumah. Barang yang kita beli dapat dikirim sampai rumah meskipun barang tersebut dijual dari daerah lain.

Hal ini adalah kesempatan bagi para pemilik usaha untuk meningkatkan omset penjualan. Maka tidak ada salahnya mencoba untuk memasarkan barang dagangan dengan cara merambah ke bisnis online.

Bagi yang ingin mencoba memulai bisnis online, Anda bisa mulai memasarkan produk yang dijual lewat aplikasi e-commerce yang ada di Indonesia. Berikut beberapa aplikasi bisnis online terbaik.

Shopee

Pada tahun 2015 Shopee diluncurkan pertama kali di Singapura. Lalu barulah melebarkan sayap ke negara lain seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, bahkan Indonesia.

Shopee banyak digemari oleh penggunanya karena tampilannya yang simpel dan menarik membuatnya mudah digunakan. Serta pihak Shopee kerap memberi diskon serta subsidi gratis ongkir dengan minimal pembelian Rp 30.000 rupiah.

Banyaknya pengguna aplikasi Shopee menjadi peluang tersendiri bagi Anda para pelaku usaha. Aplikasi dengan pengguna yang tinggi memperbesar kemungkinan produk penjualan dikenal banyak orang sehingga omset menjadi meningkat.

Untuk memulai berjualan di Shoppe Anda hanya perlu mendaftarkan toko yang dimiliki melalui aplikasi Shopee langsung. Fitur pendaftaran toko dapat ditemukan di halaman profil.

Caranya mudah cukup isi nama toko dan alamat toko, pilih jasa pengiriman untuk mengantar barang dagangan nantinya. Pendaftaran selesai kemudian bisa langsung posting barang yang dijual. Mudah sekali tanpa proses panjang yang ribet kini dapat berjualan secara online.

Tokopedia

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi asli asal Indonesia yang hadir sejak 17 Agustus 2009 dengan mimpi memanfaatkan teknologi untuk membantu meratakan ekonomi masyarakat. Tokopedia juga bisa disebut sebagai aplikasi e-commerce yang perkembangannya cukup pesat.

Sampai saat ini Tokopedia telah memberdayakan 90% penjual berskala mikro di Indonesia. Di kulik dari web Tokopedia, menyebutkan bahwa 7 dari 10 penjual mengalami lonjakan penjualan sebesar 133% saat berjualan melalui aplikasi Tokped.

Sedikit perbedaan dengan aplikasi Shopee, bila Anda ingin mendaftarkan diri sebagai seller maka perlu mendaftar melalui aplikasi lain. Aplikasi ini dapat diunduh di playstore bernama Tokopedia seller.

Meski menggunakan aplikasi lain khusus seller tetapi cara pendaftarannya tetap mudah dan cepat. Cukup mengisi data diri sesuai KTP, mengisi nama dan alamat toko.

Setelah mengisi data diri, Tokopedia akan melanjutkan Anda pada halaman survey dimana ada beberapa pertanyaan untuk diisi. Survey ini digunakan agar Tokopedia dapat mengenal calon toko dan seller lebih baik. Setelah survey selesai produk dapat langsung di pasarkan pada laman Tokopedia.

Blibli

Mungkin jarang diketahui bahwa Blibli merupakan produk pertama dari anak perusahaan Djarum dalam bidang digital yaitu PT Global Digital yang berdiri sejak tahun 2010.

Untuk menjadi seller di Blibli maka perlu mengunduh aplikasi Blibli Seller lalu mendaftarkan nama toko online, nomor handphone, dan mengisi data diri penjual. Pada web Blibli, aplikasi ini menawarkan berbagai hal menarik bila bergabung menjadi seller Blibli.

Diantaranya gratis ongkir yang ditanggung Blibli, serta semua pengiriman diasuransikan secara otomatis. Menjadi seller Blibli juga bebas dari deposito dan bebas denda.

Jika anda telah berhasil terdaftar menjadi seller resmi Blibli Anda akan langsung diarahkan dengan tutorial on boarding yang diberikan agar seller lebih paham mengenai fitur penjualan di aplikasi Blibli.

Lazada

Lazada didirikan pada tahun 2012, perusahaan e-commerce yang satu ini termasuk perusahaan milik Alibaba group yang sudah beroperasi di berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura  Thailand, dan Vietnam.

Mengingat Lazada merupakan salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara maka tidak ada salahnya bila memulai mencoba mendaftarkan produk yang Anda jual. Proses pendaftaran dilakukan di aplikasi Lazada langsung dan memerlukan waktu beberapa menit saja.

Setelah terdaftar sebagai seller, Lazada memberikan pendampingan seller baru selama 90 hari, ditambah gratis mengikuti promo atau campain. Lazada juga memiliki macam-macam Mega Campain seperti perayaan ulang tahun dan Harbolnas yang dapat diikuti oleh para seller yang terdaftar.

Itu lah beberapa aplikasi bisnis online terbaik yang patut dicoba untuk mengembangkan bisnis penjualan dalam ranah online. Dibalik berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan tentunya setiap aplikasi memiliki syarat ketentuan tersendiri bagi para seller.

Ada baiknya untuk mempelajari dengan seksama aplikasi mana yang memiliki sistem paling baik dan sama sama menguntungkan untuk kedua belah pihak. Karna tentunya bisnis bukan merupakan hal yang dapat dilakukan dengan mudah, sebagai pemilik usaha sudah sepatunya untuk mempertimbangkan segala hal demi kemajuan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.