Apa Saja yang Harus Dicek saat Beli iPhone Second?. Cek Berikut Ini!

Gatzet – Anda mungkin sedang merencanakan beli iPhone tapi dengan budget tidak terlalu mahal. Bisa membeli iPhone second sebagai solusinya dan dengan begitu anda tidak terbebani dalam hal uang. Hanya saja, anda perlu cek apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membeli produk tersebut.

Pengioperasian iPhone adalah salah satu yang harus dicek saat beli iPhone second karena pada akhirnya anda beli iPhone untuk penggunaan beroperasi sehari-hari kan?. Mulai dari tipe, keaslian, penampilan luar, dan berfungsinya komponen-komponen yang ada.

Berikut adalah yang perlu dicek:

1. Jenis atau Seri iPhone

Tentukan dulu mau beli jenis atau seri iPhone yang bagaimana, agar tidak asal beli dan tidak sesuai keinginan. Di tahun 2022 ini, sudah ada iPhone bekas yang masih layak digunakan, diantaranya iPhone 7,8, X, dan 11. Semua bisa dicoba berdasarkan pilihan.

2. Toko atau Lapak Jual Beli

Ini perlu agar terhindar dari penipuan dan barang yang didapat masih ori. Pemilihan produk ini harus selektif, karena harganya masih cukup mahal walaupun bekas. Sehingga perlu cek dengan benar, dan cari tokoh atau lapak yang jual beli iPhone-nya sudah tervalidasi (kualitasnya).

3. Kondisi iCloud

Ini perlu agar iPhone bisa digunakan, karena jika sudah terkunci dan ada iPhone yang masih terpasang iCloud, maka sama saja tidak bisa dipakai. Ini karena penguncian iPhone masih aktif dengan akun yang sudah didaftarkan. Jadi tidak bisa melakukan instal aplikasi maupun autentifikasi pengaturan sistem.

4. Baterai

Cek baterainya apakah sehat atau pernah dibawa ke tempat servis?. Ini perlu mengingat daya tahan baterai mempengatuhi penggunaan iPhone secara sempurna dan lama. Bisa menanyakan ke pihak penjual apakah baterainya masih ori apa belum?, dan apakah masih sehat atau tidak.

5. Kondisi Layar

Ini perlu, karena iPhone kebanyakan penggunaannya lewat layar, jadi tombol hanya sebagai akses utama, atau formalitas. Cek layar apakah ada bayangan, kemudian retak berlebih, dan lain sebagainya. Karena nanti mempengaruhi komponen yang ada. Didalamnya mungkin tak bisa berjalan dengan baik.

6. Garansi

Setidaknya, walaupun bekas pasti masa garansinya masih berlaku (jika masih ada waktu atau masanya). Ada juga garansi dari toko atau lapak yang menjual, biasanya sekitar 1 minggu hingga 1 bulan. Jadi hati-hati dalam memilih.

7. Bodi iPhone

Ini perlu, apalagi bagi anda yang mencari tampilan kelihatan baru dan minimal bagus. Karena tampilan iPhone jika rusak juga lucu juga. Kecuali jika dilapisi casing tanpa dibuka sekalipun, bisa jasi. Cek apakah ada bagian-bagian yang longgar, tidak wajar, maupun tombol yang sudah tak berfungsi, bisa terbenam.

8. Support IOS

Cari support iOS berdasarkan tipe atau seri iPhone yang anda cari. Setiap seri iPhone, olah pihak iPhone disupport 4 tahun dari iOS yang ada. Untuk iPhone terbaru sudah support dengan iOS terbaru, jadi jangan salah paham, dan bisa gunakan trik untuk hal itu. Mau pilih yang mana?.

9. Kamera

Ini perlu, karena gambar dan video perlu jelas, mengingat komponen ini juga jadi kebutuhan sehari-hari dalam bersosmed maupun kepentingan lainnya. Jika flash kamera tidak berfungsi, maka kamera tidak bisa digunakan sama sekali. Selain itu cek kejelasan gambar dan video apakah benar?.

10. Adaptor Cas dan Kabel Data

Apakah asli atau imitasi?, karena berkaitan dengan keawetan iPhone. Jika tidak asli, biasanya iPhone gampang rusak dan memunculkan reaksi sensitif. Karena iPhone terkenal dengan sensitivitas, semisal bisa dilihat dalam aplikasi yang tidak semua bisa masuk dan dipakai oleh iPhone.

Itulah penjelasan mengenai apa saja yang harus dicek saat beli iPhone second, pastinya perhatikan hal-hal tersebut yah!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.