Berikut 10 Tips Membeli iPhone Bekas, Diantaranya?

Gatzet – iPhone dari dulu memiliki keunikan tersendiri daripada handphone yang lainnya. Banyak yang mencarinya walaupun bekas sekalipun, karena fasilitas yang dirasa sesuai dengan harga. Terdapat iPhone yang sering bermunculan seiring dengan keinginan konsumen.

Terdapat beberapa tips membeli iPhone bekas yang perlu diperhatikan, minimal dai segi harga karena kualitasnya pasti tidak seperti dulu kala lagi. Cara pemakaian harus tahu, karena jangan sampai rusak dengan kebiasaan yang mempercepat usia iPhone.

Berikut tips dalam membeli iPhone bekas, diantaranya:

1. Cek Nyala iPhone dengan Benar

Maksudnya adalah matikan iPhone dan nyalakan kembali melalui tombol power yang ada. Itu untuk pengecekan awal agar tidak ditipu apakah bisa, jadi walaupun bekas masih terpakai. Pastikan iPhone masuk ke dalam layar Home saat selesai Booting.

2. Pastikan Apple ID tidak Ada

Maksudnya adalah dalam mengoperasikan iPhone, pasti ada  yang namanya Apple ID dan dijadikan akun pengguna. Tiap iPhone, perlu diingat hanya bisa memakai 1 ID dan itu terdiri dari username maupun password. Jadi pastikan Apple ID telah kosong agar bisa masuk mengakses.

3. Cek Bodi iPhone

Kamu bisa melihat penampilan luar atau bodi dari iPhone bekas lewat bezel dan punggung ponsel. Jika terdapat lecet, retak, maupun pecah, kemungkinan iPhone ini terkena benturan hebat dank eras. Bisa saja itu nanti mempengaruhi komponen didalamnya.

4. Periksa Tombol iPhone

Gunanya agar tahu apakah tombol iPhone masih berfungsi?, mulai dari tombol Volume, Home, Silent, dan Power. Pastikan itu semua bekerja dengan baik, dan dari itu saja sudah mengindikasikan apakah iPhone tersebut berjalan dengan sewajarnya atau tidak.

5. Pastikan Sensor iPhone Berjalan Baik

Terdapat beberapa sensor dari iPhone yang perlu aktif guna menjalankan fitur yang ada dalam ponsel. Mulai dari sensor Proximity, Face ID atau Touch ID, Gyroscope, Haptic, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencoba beberapa fitur tersebut untuk memastikan sensor masih aman atau tidak.

6. Cek Kesehatan dan Fungsi Baterai iPhone

Ini perlu, agar iPhone tidak ngedrop dan lain sebagainya. Tips membeli iPhone bekas ini, sangat diperhatikan karena berkaitan dengan lamanya penggunaan, mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Jika baterai belum pernah dibawa ke tempat servis, maka bisa dibilang aman.

7. Cek Fungsi Kamera iPhone

Fungsi kamera untuk mengambil gambar ataupun video, jadi yah cek penggunaan dari sini, apakah masih berjalan atau tidak. Lihat hasil tangkapan kamera, jika masih bagus beli, jika tidak yah jangan dibeli, takutnya memilih iPhone karena cari kamera bagusnya. Salah satunya seperti itu.

8. Periksa Kondisi Layar iPhone

Kondisi layar perlu dilihat apakah memang masih bisa dipakai atau tidak retak terlalu atau bagaimana? Kemudian cek respon akan layar apakah masih berfungsi dengan benar dan peka akan sentuhan dan lain sebagainya. Hampir semua perintah penggunaan iPhone lewat layar, jadi hati-hati.

9. Periksa Microphone dan Speaker iPhone

Periksa fungsi dari Microphone dan Speaker yang ada di dalam iPhone. Coba putar audio dari musik maupun video yang ada. Pastikan suara keluar dengan jelas tanpa serak maupun terputus-putus. Untuk cek Microphone bisa merekam suara, dan jika keluar dengan hasil yang bagus maka bisa jadi dibeli.

10. Pastikan Konektivitas iPhone Berjalan

Pastikan konektivitas yang ada di iPhone berjalan dengan baik, mulai dari Bluetooth, jaringan seluler, dan WiFi. Itu perlu, apalagi di jaman sekarang perlu akses tersebut. Konektivitas pastikan lancar dan jaya dengan menyalakan WiFi maupun mencoba pengoperasian Bluetooth.

Itulah penjelasan mengenai 10 Tips dalam Membeli iPhone Bekas, semoga bermanfaat dan segera direalisasikan!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.