cara membersihkan laptop dari debu

Cara Merawat Laptop

Gatzet – Laptop menjadi kebutuhan bagi banyak orang, terutama bagi Anda yang bekerja secara online atau belajar dari jarak jauh. Namun, sama seperti alat elektronik lainnya, laptop memiliki kemungkinan untuk mengalami kerusakan sehingga membuat Anda sebagai pemilik menjadi kerepotan. Dari pada membeli baru, ada baiknya Anda mempelajari cara merawat laptop Anda supaya awet.

Lantas, bagaimana caranya seseorang bisa merawat dengan baik sehingga laptop awet? Pada artikel ini kami senang memberikan beragam cara merawat laptop dengan baik agar perangkat yang Anda miliki tersebut bisa awet. Dan tentunya cara ini jauh lebih murah dan mudah daripada harus menaruhnya di tempat service.

cara membersihkan laptop dari debu

 

8  Cara Merawat Laptop

Membersihkan Lubang Laptop Secara Rutin

Sebagai perangkat elektronik, laptop merupakan barang yang memerlukan proses pemasangan dan perakitan. Selain itu, laptop memiliki banyak port untuk menambahkan perangkat keras lainnya sebagai pendukung, seperti keyboard eksternal, flashdisk, mouse dan sebagainya. Dengan banyaknya celah semacam ini membuat sebuah laptop rentan terserang debu dan kotoran. Terutama laptop second yang sudah lumayan lama.

Maka dari itu, Anda perlu membuat jadwal rutin untuk membersihkan semua lubang yang ada. Dengan begitu, debu yang terlanjur hingga di dalam port bisa segera disingkirkan dan tidak menumpuk. Selain itu, tentu saja dengan laptop yang bersih laptop pun bisa awet. Anda bisa membersihkan semua celah dan lubang pada laptop dengan vacuum cleaner.

 

Membersihkan Layar Secara Rutin

Sebagai bagian yang sering dibuka dan berada di luar, tentu saja layar laptop bisa sangat rentan terkena dan dihinggapi debu. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk membersihkan debu pada layar secara rutin. Hal ini menjadi pencegah adanya noda membandel pada layar sehingga tampilan layar menjadi terganggu.

membersihkan layar laptop

Anda bisa membersihkan layar laptop dengan lap microfiber. Bisa jadi lap semacam ini sangat asing di telinga Anda. Untuk mempermudahnya, lap microfiber merupakan lap yang biasa dipakai untuk membersihkan kaca mata. Dengan rutin membersihkan layar laptop Anda, maka monitor atau layar laptop Anda bisa bersih dan goresan bisa Anda hindari.

 

Memilih Tas Laptop yang Pas

Ada bagian lain yang juga rentan tergores selain layar, yaitu bagian casing laptop. Memang, adanya goresan pada casing tidak akan mempengaruhi peforma laptop Anda secara langsung. Namun, adanya goresan bisa membuat tampilan laptop Anda jadi kurang menarik, terlebih bagi Anda yang merupakan tipe orang yang serius dalam hal terkecil.

Lagi pula, bila Anda akan menjual laptop Anda di kemudian hari, adanya goresan pada casing bisa membuat laptop Anda sulit terjual atau memiliki harga yang rendah. Maka dari itu, Anda bisa memilih tas yang khusus untuk laptop atau sebuah tas ransel dengan ruangan khusus meletakkan laptop Anda sehingga kemungkinan untuk tergores sangatlah kecil.

 

Menjauhkan Makanan dan Minuman dari Laptop

Tampaknya sangat seru  ketika Anda makan atau minum sambil bermain game atau menonton film di laptop. Ya, semakin seru hiburan yang Anda nikmati di laptop, maka akan semakin besar kemungkinan Anda membawa makanan dan minuman di depan laptop Anda meski hal tersebut bukanlah hal yang bijaksana.

Kenapa? Karena dengan meletakkan makanan dan minuman di dekat laptop, remah dan cipratan dari makanan atau minuman tersebut bisa mengotori laptop Anda. Terlebih lagi bila cipratan kuah atau minuman bisa saja menyerang komponen di dalam laptop sehingga membuat laptop Anda error. Atau human error seperti minuman tumpah karena tersenggol bisa saja terjadi dan membuat laptop bermasalah.

 

Rawat Baterai Laptop

Sebagai perangkat yang dirancang untuk bisa dibawa kemana-mana, sebuah laptop tentu akan dibekali dengan baterai. Tujuannya tentu jelas, yaitu agar laptop tersebut tetap bisa digunakan meskipun jauh dari sumber listrik seperti stop kotak. Dengan menggunakan laptop, seseorang menjadi bisa mengerjakan tugasnya di mana pun ia inginkan.

Maka dari itu, demi menjaga mobilitas Anda dengan laptop, Anda harus merawat baterai laptop Anda. Salah satu cara merawat baterai laptop adalah dengan tidak membiarkannya habis. Sebaliknya, lebih baik Anda langsung charge baterai tersebut ketika sudah menyentuh angka 30%. Bila baterai laptop rusak, tentu saja Anda harus selalu dekat dengan sumber listrik sehingga tidak bebas.

 

Hindari Menggunakan Laptop di Permukaan Empuk

Sepertinya seru menggunakan laptop di atas kasur yang empuk. Anda bisa menonton film kesukaan Anda sambil menikmati nyamannya kasur  favorit Anda. Meskipun seru, namun Anda harus hindari hal tersebut. Mengapa? Karena dengan meletakkan laptop di atas permukaan empuk seperti kasur atau bantal akan menutupi saluran ventilasinya.

Padahal, ventilasi tersebut adalah tempat pembuangan suhu panas yang ada di dalam laptop selama laptop digunakan. Bila suhu panas tidak bisa keluar dan terperangkap, maka komponen di dalam laptop Anda bisa rusak karena suhu yang terlalu tinggi. Anda bisa buktikan ini dengan menyentuh saluran ventilasi laptop Anda dan rasakan suhu panas yang ada pada ventilasi tersebut.

 

Bijaksana Menggunakan Mode Sleep dan Shutdown

Anda tentu paham soal kedua fitur ini, yaitu sleep dan shutdown. Sleep membuat laptop seperti mati namun sebenarnya masih aktif. Kalau shutdown, berarti mati total dan Anda perlu klik tombol power untuk menghidupkannya. Nah, bila Anda sudah selesai menggunakan laptop, ada baiknya Anda mematikan atau shutdown laptop Anda.

Dengan begitu, laptop Anda bisa beristirahat. Namun, bila Anda hanya beristirahat sebentar seperti satu hingga 2 jam saja, ada baiknya Anda menggunakan mode sleep. Mengapa? Karena bila Anda terlalu hidup dan matikan laptop Anda, ada dampak negatif jangka panjang yang bisa terjadi pada laptop Anda.

 

Menutup atau Melipat Laptop

Semua laptop diberikan bagian engsel yang memungkinkan pemilik untuk membuka dan menutup layar laptop saat tidak digunakan. Nah, setiap Anda sudah tidak menggunakan laptop Anda dan laptop Anda sudah dalam keadaan mati, Anda perlu melipat layar laptop tersebut. Tujuannya tidak lain untuk menghindari debu dan kotoran.

Selain itu, dengan menutup laptop, maka layar laptop Anda akan jauh terlindurngi dan bisa menghindari error.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai cara merawat laptop. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.