Pilih iPhone Second atau Android Baru? Pertimbangan 6 Hal Ini!

Gatzet – iPhone menjadi salah satu ponsel yang diminati oleh banyak orang, mengingat spesifikasi dari kualitas cukup mumpuni. Dengan harga yang cukup mahal, tampilannya pun beda dengan ponsel biasa, terutama Android. iPhone second jadi pilihan bagi generasi sekarang yang ingin murah.

Terdapat pilihan mau beli iPhone second atau Android baru, tergantung dari kebutuhanmu dan apa yang kamu inginkan. Setiap iPhone bekas atau Android baru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebelum memilih 2 hal di atas, pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini:

1. Hindari Pembelian iPhone 5 dan Seri Sebelumnya

iPhone terbaru disetting oleh Apple untuk menyesuaikan teknologi jaman sekarang. Jangan membeli iPhone second keluaran di bawah seri 5, karena iOS dan komponen yang ada masih belum update terlalu maksimal atau disesuaikan dengan jaman sekarang.

Beli versi terbaru dengan jaringan layanan yang sudah terkoneksi secara 4G secara minimal, karena itu mempengaruhi kelancaran mengakses data (internet). Fitur yang diberikan Android tidak kalah canggih dengan iPhone jadi jangan selalu melulu pilih iPhone, karena Android sekarang canggih, apalagi baru.

2. Pilih iPhone Second yang Jelas Asal-usulnya

Maksudnya adalah pilih iPhone second yang asal penjualnya jelas, jangan sampai hasil curian, dan kejelasan surat asli, garansi, dan lain sebagainya hilang, jadi perlu dipertanyakan. Kemudian cek kelengkapan data maupun perangkat yang ada agar masih bisa dipakai.

Cari toko atau lapak yang mana sudah terpercaya maupun berkualitas, agar tidak dibohongi, dan walaupun mendapatkan iPhone second, kualitas masih ada (terjamin). Walaupun pihak Apple berjanji akan menonaktifkan iPhone yang dicuri, tetapi pada akhirnya yang namanya pencuri pasti handal.

3. Pastikan Hardware iPhone tidak Rusak

Maksudnya adalah jangan sampai ada hardware iPhone yang rusak walaupun bekas. Setidaknya minimal yang rusak bukan hardware yang dibutuhkan jadi tidak apa-apa, tidak terlalu berpengaruh. Bodi dicek, charger, earphone, dan perangkat yang menaungi juga perlu dilihat.

Untuk iPhone ada activation lock atau kunci aktif, agar bisa mencegah pengguna lain untuk menggunakannya. Beli iPhone second yang sudah dibuka kuncinya, karena kalau tidak sama saja dengan tidak bisa dipakai.

4. Pastikan Baterai Bekerja dengan Baik

Jangan sampai ada riwayat baterai iPhone pernah dibawa ke tempat servis, itu bahaya, menandakan bahwa sudah ada komplikasi atau permasalahan yang membuat baterai ini tidak bekerja secara maksimal. Baterai bisa boros jika asal pilih dan salah dalam memilih.

Daya baterai yang tak bisa maksimal, membuat penggunaan iPhone pun tak bertahan lama, dan itu yang nantinya menghambat aktivitas kita. Diharapkan kita sebagai pembeli jadi pintar, jadi kamu bisa memilih iPhone second atau Android baru yang tak banyak risiko.

5. Pastikan Kapasitas Memori Sesuai

Maksudnya adalah saat kamu membeli iPhone atau Android pasti salah satu yang dilihat adalah kapasitas memori yang ada. Pastikan sesuai kebutuhan karena percuma bagus dalam kualitas dan fasilitas, tapi kebutuhan akan memori tak mencukupi.

Untuk iPhone terbaru kapasitas memori sampai 512 GB dan versi yang lama tidak sampai itu. Kemudian, Android baru sudah mulai mengungguli dengan iPhone dengan memiliki fitur penyimpanan yang tak kalah besar dan kondisinya masih baru pula. Bagi penyuka Android bisa memilih ini.

6. Tes Bagian iPhone yang Penting

Tes bagian iPhone bekas yang penting, kalau bisa semuanya agar tidak menyesal setelah membeli. Bagian yang perlu dicek, diantaranya layar, port, kamera, tombol, speaker, dan mikrofon. Itu komponen penting yang perlu dicek dulu.

Beli iPhone bekas yang aman di teman dekat, kenalan terpercaya, saudara, maupun e-commerce maupun marketplace dengan review bagus. Komponen layar menjadi hal yang penting dilihat, karena kebanyakan ponsel bekerja dari layar akibat sentuhan tangan yang distimulus oleh sensor.

Itulah penjelasan mengenai iPhone second atau Android baru yang perlu kamu pilih dengan memperhatikan atau mempertimbangkan hal-hal di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.