spesifikasi rekomendasi laptop untuk arsitek

Spesifikasi dan Rekomendasi Laptop untuk Arsitek

Gatzet – Tentu saja seperti yang kita semua ketahui menjadi seorang arsitek pastilah erat hubungannya dengan membuat desain, serta merender 3 dimensi, serta kebutuhan digital lainnya. Artikel ini akan membahas spesifikasi rekomendasi laptop untuk arsitek.

Apalagi aplikasi serta data yang biasanya digunakan oleh para arsitek bisa dibilang cukup besar. Untuk itu para arsitek membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang mumpuni demi menunjang kebutuhan  kinerjanya.

 

Spesifikasi Laptop yang dibutuhkan Arsitek

Demi memperlancar pekerjaannya para arsitek biasanya rela merogoh dompet lebih dalam agar dapat membeli laptop kelas menengah keatas. Hal ini karena laptop dengan kelas tersebutlah yang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan para arsitek.

Tapi tidak melulu soal harga karena sebenarnya ada hal lain yang perlu diperhatikan terutama dari segi spesifikasi.

Berikut beberapa spesifikasi laptop yang cocok untuk arsitek.

spesifikasi rekomendasi laptop untuk arsitek

 

Prosesor yang Tinggi atau Terbaru

Keperluan laptop untuk para golongan arsitek terhitung dalam kelas berat yang membutuhkan spesifikasi prosesor tinggi agar laptop bisa ngebut. Karena untuk menjalankan beberapa software gambar seperti AutoCAD. Pada tahun ini terdapat beberapa prosesor yang tercatat sebagai prosesor terbaik yang memiliki berbagai keunggulan.

Diantaranya ada prosessor dari intel dengan nama Intel Core i9 X series yang menjadi prosessor terbaik dari intel. Tentu saja prosessor ini memiliki banyak keistimewaan seperti terdapat teknplpgi bernama Hyper Threading 36 yang dapat membuat kalian melakukan 36 pekerjaan secara bersamaan.

Serta prosesor ini telah disematkan 18 core yang membuatnya cocok melakukan pekerjaan berat seperti pekerjaan arsitek, mengedit, atau sebagainya.

Tidak heran bila prosesor ini dibandrol dengan harga cukup fantasis yaitu seharga USD999.

Selain intel Core i9 X ada pula prosessor lain yang masuk dalam kategori prosessor terbaik yaitu intel Core i7. Prosessor dari intel ini memiliki kecepatan 3GHz yanh digadang-gadang memberikan pengalaman ngebut untuk penggunanya. Tak hanya itu intel Core i7 mampu beradaptasi dengan berbagai program maupun aplikasi, membuat prosessor ini dapat membuat berbagai software berjalan dengan baik.

Intel Core i7 juga kompatibel pada Linux dan Windows 10 maupun versi yang selanjutnya. Prosesor satu ini juga telah banyak digunakan pada perangkat laptop, selain karena kualitasnya yang masih dapat bersaing dengan Intel Core i9 X namun harganya tidak setinggi Intel Core i9 X.

 

Layar dengan Ukuran yang Cukup Lebar

Lebar layar laptop juga salah satu spesifikasi laptop untuk arsitek yang patut diperhitungkan karena tentunya layar yang lebar akan lebih nyaman digunakan saat membuat desain.

 

Baterai dengan Kapasitas Besar

Untuk kapasitas baterai sendiri memang sepatutnya para arsitek memilih laptop dengan kapasitas yang besar. Hal ini karena biasanya para arsitek dapan menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar laptop dengan menggunakan aplikasi atau kegiatan yang berat.

Oleh karena itu baterai kapasitas besar patut masuk di spesifikasi laptop yang akan dipilih.

 

Rekomendasi Laptop untuk Arsitek

Mengacu pada spesifikasi di atas maka ada beberapa rekomendasi laptop yang cocok untuk para mahasiswa arsitek / arsitek.

 

HP Victus

HP Victus sebenarnya merupakan laptop gaming namun tentu saja laptop untuk gaming cocok juga bagi para kaum desain karena menghadirkan tampilan grafis yang tajam serta kapasitas baterai besar 4 cell 70 Wh.

Laptop gaming dengan layar 14.1 inchi dilengkapi low blue light satu ini juga memiliki spesifikasi yang cocok sekali digunakan oleh para arsitek salah satunya menggunakan prosesor Intel Core i7 yang memiliki kecepatan yang ngebut.

Perfofma laptop HP Victus juga ditunjang konfigurasi RAID 0 dengan penyimpanan 512 GB yang dibagi pada dua buah kepingan SSD masing-masing 256 GB. Laptop ini juga menggunakan konsep mirip seperti dual channel  pada RAM pada saat menyalin data. Jadi dua SSD tersebut berjalan bersamaan sehingga meningkatkan kecepatan sebesar dua kali lipat.

Sedikit berbeda bila biasanya laptop gaming memiliki desain yang terkesan besar dan kokoh, HP Victus menghadirkan model yang manis dan elegan jadi masih cocok bila digunakan meeting profesional bersama para client.

 

ACER Predator Helios 300 PH315

Sedikit lebih kecil dibanding yang sebelumnya laptop dari Acer satu ini memiliki resolusi layar selebar 15.6 inchi namun prosessor yang digunakan sama garangnya yaitu menggunakan Intel Core i7 yang merupakan salah satu prosessor terbaik kedua saat ini.

Laptop ini juga sangat di rekomendasikan untuk para arsitek karena ACER memilih VGA Card terbaik yaitu NVIDIA GeForce RTX 30 series yang akan membuar rendering menjadi ngebut.

Untuk bagian memori internal serta baterai tentu saja laptop seharga 27 jutaan ini sudah pasti mumpuni karena menggunakan kapasitas memori 512 gb dan baterai 4 cell Li-Ion. Laptop ini juga dilengkapi RGB backlit pada keyboard sehingga membuat tampilannya lebih menarik.

 

HP ENVY 15-ep0016TX

Lagi-lagi dari merek HP yang kali ini dengan tipe HP ENVY 15. Tambah satu jutaan saja dari laptop sebelumnya kalian dapat menikmati prosesor Intel Core i7  dengan Turbo Boost Technology, RAM 16, serta memori internal sebesar 1 Tera.

Selain prosesor HP ENVY memberikan layar 15.6 inchinya dengan layar 4k yang cocok bagi para arsitek karena dapat memperlihatkan detail serta akurasi yang sangat membantu para arsitek dalam mengerjakan pekerjaanya. Dan pastinya menggunakan grafis NVIDIA GeForce yang menambah kualitas tampilan grafis pada layar.

Sengaja dirancang untuk keperluan atau tugas berat maka HP membekali laptop tipe ini menggunakan sensor termal IR yang lengkap dengan ventilasi tersembunyi untuk membantu laptop tetap dingin saat digunakan untuk keperluan berat selama berjam-jam.

Fitur menarik lain yang pastinya menambah nilai plus HP ENVY 15 ini selain desainnya yang tipis, elegan,dan nampak mewah juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari pemilik yang dapat dijadikan sebagai keamanan tambahan pada laptop

 

Acer ConceptD 3 Ezel Pro

Laptop yang mengusung mode konvertibel ini memang cocok bagi para pengguna yang berkecipung di dunia digital kreatif terlebih arsitektur. Karena selain desainnya yang unik tapi juga menyuguhkan spesifikasi laptop untuk para arsitek yang banyak dicari.

Membahas mulai dari desain terlebih dahulu, laptop Acer ConceptD 3 ini memiliki layar yang bisa dijadikan tablet serta dapat ditarik membentuk siku sehingga tampak seperti dudukan kanvas. Ditambah lagi laptop ini mendukung penggunaan stylus pen yang dapat meningkatkan experience pengguna.

Untuk spesifikasi laptop ini tidak jauh beda dengan laptop yang sebelumnya, menggunakan Intel Core i7, grafic card NVIDIA w T1000, RAM sebesar 16gb, baterai 4 -cell Li-Ion, serta storage 1Tera.

Namun laptop yang dijual dengan harga 26 jutaan ini sayangnya menggunakan layar yang tidak terlalu lebar, hanya 14 inchi. Tetapi untuk menambah nilai plus Acer mendukung layar miliknya dengan 4.096 tingkat sensitivitas tekanan yang ada pada layar sehingga penggunaan stylus bisa maksimal dan responsif.

 

ASUS ROG Strix Scar G533QM

Rasanya kurang lengkap jika daftar laptop kebutuhan berat dengan spesifikasi untuk arsitek tidak menyertakan ASUS ROG. Sebagai mana yang kita tahu ASUS ROG terkenal dengan laptop berspesifikasi tinggi yang mumpuni untuk gaming apalagi untuk kebutuhan grafis.

Salah satunya ASUS ROG Strux Scar G533QM laptop dengan layar 15.6 inchi FHD, prosesor AMD Ryzen 7 5800H, graphic card NVIDIA GeForce RTX 3060 ditambah RAM 8GB, serta memori internal 1 TB membuat laptop ini cukup ngebut jika digunakan untuk aktivitas berat.

Mungkin tidak spesifikasi tersebut tidak jauh beda dengan laptop sebelumnya tetapi tetap ada fitur lain dari ASUS ROG yang menarik bahkan ASUS mengeklaim laptop gaming miliknya menjadi laptop gaming paling powerfull di dunia.

Beberapa fitur menarik tersebut diantaranya tombol keyboard mekanikal optikal yang membuat pengguna dapat mengetik dengan respon yang lebih baik serta diklaim memiliki durability kuat walaupun kerap ditekan hingga jutaan kali dalam jangka waktu panjang.

Ditambah adanya sistem pendingin yang berguna untuk mengontrol suhu laptop agar tetap sejuk  walau telah beroprasi dalam waktu lama dengan mengandalkan metal cair yang dapat menurunkan suhu perangkat hingga 10 derajat celsius. Apalagi baterai ASUS ROG tioe satu ini mengunakan baterai berkapasitas 90 Whr cocok bagi para pengguna yang kerap menggunakan laptop diluar ruangan tanpa ingin ribet membawa kabel charger.

Nah, demikianlah penjelasan kami mengenai spesifikasi dan rekomendasi laptop untuk arsitek. Anda bisa mempertimbangkan salah satu atau beberapa laptop yang bisa jadi Anda sukai. Sampai nanti dan nantikan artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.